Ringkasan Materi Kelas 3 (SD Al Azhar 1 Bandar Lampung)
(TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI)
Hari & Tanggal : Senin, 27 Mei 2024
Kelas : 3 (SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung)
Mata Pelajaran : TIK / Komputer
Assalamualaikum wr. wb
Bagaimana kabar anak sholeh & sholehah serta orang tua hebat ?
Alhamdulillah.. Semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin...
Ikon adalah gambar kecil yang mempunyai arti atau fungsi tertentu
Ikon-ikon yang ada dalam menu File
1. Save = Perintah yang digunakan untuk menyimpan dokumen.
2. Save As = Perintah yang digunakan untuk menyimpan kembali dokumen dengan nama berbeda.
3. Open = Perintah yang digunakan untuk membuka dokumen Ms.Word yang sudah disimpan sebelumnya.
4. Close = Perintah yang digunakan untuk menutup dokumen Ms.Word.
5. New = Perintah yang digunakan untuk membuat dokumen baru Ms.Word.
6. 6. Print = Perintah yang digunakan untuk mencetak dokumen.
Menggunakan Ikon New dan Save
1. A. New = Perintah yang digunakan untuk membuat dokumen baru Ms.Word.
Langkah-langkah
a. Buka program Microsoft Office Word
b. Klik menu File
c. Klik ikon New
d. Pilih/klik Blank Document lalu klik Create lalu klik create
2. B. = Perintah yang digunakan untuk menyimpan dokumen.
Langkah-langkah
a. Klik menu File
b. Klik Ikon Save
c. Pilih tempat/folder penyimpanan lalu tentukan nama file pada kotak Name File, lalu klik Save
Menggunakan Tombol Kombinasi CTRL
Tombol-tombol kombinasi CTRL bisa kita gunakan ketika kita sedang menjalankan program Microsoft Office Word, kita dapat menjalankan suatu perintah hanya dengan menggunakan kombinasi tombol CRTL pada keyboard tanpa kita mengklik ikon yang ada pada tampilan program.
1. CTRL + A = Perintah yang digunakan untuk memilih semua teks.
Caranya tekan tombol CTRL dan huruf A pada keyboard secara bersamaan.
2. CTRL + B (Bold) = Perintah yang digunakan untuk menebalkan huruf yang fungsinya sama dengan ikon Bold pada Toolbar.
Caranya tekan tombol CTRL dan huruf B pada keyboard secara bersamaan.
3. CTRL + C (Copy) = Perintah yang digunakan untuk menyalin atau mengcopy
Caranya tekan tombol CTRL dan huruf C pada keyboard secara bersamaan.
4. CTRL + E (Center) = Perintah yang digunakan untuk membuat teks rata ke tengah
Caranya tekan tombol CTRL dan huruf E pada keyboard secara bersamaan.
5. CTRL + U (Underline) = Perintah yang digunakan untuk membuat huruf menjadi bergaris bawah.
Caranya tekan tombol CTRL dan huruf U pada keyboard secara bersamaan.
6. CRTL + S (Save) = Perintah yang digunakan untuk menyimpan dokumen.
Caranya tekan tombol CRTL dan huruf S pada keyboard secara bersamaan dan otomatis dokumen akan tersimpan.
7. CTRL + Z (Undo) = Digunakan untuk membatalkan perintah yang sudah dilakukan sebelumnya.
Caranya tekan tombol CTRL dan huruf Z pada keyboard secara bersamaan.
8. CTRL + O (Open) = Perintah yang digunakan untuk membuka dokumen Ms.Word yang sudah disimpan sebelumnya.
Caranya tekan tombol CTRL dan huruf O pada keyboard secara bersamaan.
9. CTRL + P (Print) = Perintah yang digunakan untuk membuka dokumen Ms.Word yang sudah disimpan sebelumnya.
Caranya tekan tombol CTRL dan huruf P pada keyboard secara bersamaan.
10. CTRL + I (Italic) = Perintah yang digunakan untuk mebuat huruf menjadi cetak miring.
Caranya tekan tombol CTRL dan huruf I pada keyboard secara bersamaan.
Ikon Drop Cap
Drop cap adalah huruf pertama pada paragraf yang memiliki ukuran yang sangat besar dan lebih dari huruf lainnya
Ikon Drop Cap berfungsi untuk membuat huruf pertama pada awal paragraf menjadi huruf capital dan besar agar tulisan terlihat lebih menarik.
Langkah-langkah membuat Drop Cap
1. Blok paragraf yang ingin huruf awal nya dibuat Drop Cap
Klik Menu Insert
2. Pada group Text: klik kiri pada ikon Drop Cap, lalu pilih jenisnya apakah berada di dalam (Dropped) atau di luar margins (In margin)
3. Untuk mengaturnya, Pilih Drop Cap Options. Sehingga muncul panel pengaturan.
4. Setelah selesai mengatur lalu klik OK
Position: digunakan untuk mengatur letak dari tulisan Drop Cap.
a. None = tidak menambahkan huruf Drop Cap atau mengembalikannya ke format awal.
b. Dropped = Membuat Drop Cap rata dengan margin kiri.
c. In Margin = Membuat Drop Cap rata dalam margin kiri.
Font: mengatur jenis huruf yang digunakan misal Times New Roman.
Lines to Drop: untuk mengatur berapa baris tinggi Drop Cap.
Distance from Text: untuk mengatur jarak Drop Cap dari teks.
Ikon Columns
Ikon Column berfungsi untuk membuat dokumen yang berbentuk kolom-kolom seperti koran
Ikon Columns terletak pada menu bar Layout
Langkah-langkah membuat Teks Koran
1. Block/seleksi text yang akan dibuat kolom
2. Klik menu Bar Layout ➡Page Setup kemudian ➡ Columns
3. Klik tanda panah kebawah akan muncul beberapa pilihan : One (satu), dua, tiga kolom dst.
4. Klik salah satu misalnya Two (dua kolom)
Klik More Columns untuk pengaturan lebih lengkapnya sehingga muncul jendela Columns
Presets = Menentukan bentuk kolom
Number of Columns = menentukan jumlah kolom
Width and Spacing = Mengatur lebar kolom dan jarak antar kolom
Equal Column width = Untuk lebar kolom yang sama
Line Between = Memberi garis batas antar kolom
Ikon WordArt
Ikon WordArt berfungsi untuk membuat teks bervariasi agar lebih menarik
Ikon WordArt terletak pada menu bar Insert
Langkah-langkah membuat Teks WordArt
1. Letakkan kursor pada bagian yang ingin di buat WordArt
2. Klik Menu Insert
3. Klik Ikon WordArt
4. Pilih/Klik bentuk yang diinginkan
5. Maka akan muncul jenis WordArt yang dipilih dengan tulisan “Here Your Text”
Ikon Clip Art
Clip Art adalah Ikon yang digunakan untuk memasukkan gambar (yang tersedia pada program Ms. Word) pada dokumen Microsoft Office Word
Ikon Clip Art terletak pada menu bar Insert dalam grup ilustrations
Ikon Picture
Picture adalah Ikon yang digunakan untuk memasukkan gambar (yang tersedia di penyimpanan komputer) pada dokumen Microsoft Office Word
Ikon Clip Art terletak pada menu bar Insert dalam grup ilustrations
Ikon Shapes
Shapes adalah Ikon yang digunakan untuk memasukkan gambar dengan bentuk tertentu seperti garis, lingkaran, persegi, oval, bintang, dll.
Ikon Shapes terletak pada menu bar Insert dalam grup ilustrations
Page Border
Ikon Page Borders digunakan untuk memberi garis tepi atau bingkai pada dokumen, agar tampilan dokumen jadi menarik dan indah.
Ikon Page Borders teletak dalam menu Page Layout pada grup Page Background
Page Color
Ikon Page Color digunakan untuk memberi warna pada dokumen, agar tampilan dokumen terlihat lebih menarik.
Ikon Page Color teletak dalam menu Page Layout pada grup Page Background
SHADING
Shading digunakan untuk memberi warna background pada teks.
Cara mengatur Shading
1. Klik Menu Page Layout
2. Klik Ikon Page Borders pada grup Page Background
3. Klik Tab Shading
4. Tentukan warna latar belakang teks yang diinginkan
5. Klik OK
Ikon Table
Ikon Table adalah ikon yang digunakan untuk membuat ringkasan informasi yang tersusun rapih dalam bentuk baris dan kolom
Ikon Table tereletak pada Menu Bar Insert
Number of Columns : Jumlah Kolom
Number of Rows : Jumlah Baris
Ikon Chart
Ikon Chart berfungsi untuk membuat grafik.
Ikon Chart terletak pada menu bar Insert
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Komentar
Posting Komentar