Ringkasan Materi Kelas 5 (SD AL Azhar 3)
TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)
Hari & Tanggal : Kamis, 21 Marer 2024
Kelas : 5A & 5B (SD Al-Azhar 3 Bandar Lampung)Tema : Menggunakan Program Pengolah Presentasi
Mata Pelajaran : TIK / Komputer
Pembelajaran : Ringkasan Materi
Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka yang dapat mengelolah data secara otomatis melalui operasi perhitungan dasar (seperti tanda tambah (+), kurang(-), bagi (:), kali(x)) menggunakan rumus-rumus dan fungsi yang hasilnya dapat ditampilkan dalam bentuk angka, tabel, ataupun grafik.
Lalu Microsoft Excel digunakan untuk apa aja sih ??
Contoh penggunaan Microsoft Office Excel di kehidupan sehari-hari
1. Microsoft Excel ini sering digunakan di perkantoran seperti membuat grafik, data, dan tabel.
2. Microsoft Excel dapat juga digunakan untuk membuat tabel serta garis agar membuat data semakin terlihat rapih.
3. Microsoft Excel juga dapat digunakan juga untuk membuat rumus dan menghitung rumus agar memudahkan kita dalam menghitung beberapa data.
4. Microsoft Excel juga dapat membuat diagram atau grafik loh, agar data menjadi rapih, akurat, dan data dapat disusun dengan urutan yang tepat.
Nah sekarang anak-anak sudah paham kan apa pengertian Microsoft Office Excel dan kegunaannya....
Gambar ikon Microsoft Office Excel
Langkah-langkah membuka program Microsoft Office Excel
Langkah 1
1. Klik kiri 2 kali pada ikon Ms. Excel
Langkah 2
1. Klik kanan ikon Ms. Excel lalu klik Open
Langkah 3
1. Klik Start
2. All Program
3. Microsoft Office
4. Microsoft Office Excel
Tampilan utama program Microsoft Office Excel seperti pada gambar dibawah.
Lembar kerja pada Ms. Excel seperti tabel yang berbentuk kotak-kotak, berbeda dengan tampilan Ms. Word yang lembar kerja nya seperti kertas HVS kosong.
Bagian-bagian dari Tampilan Ms. Excel
MEMFORMAT CELL
Cara Menambah Baris/Kolom :
1. Klik baris atau kolom yang diingin ditambah
2. Klik kanan pada Mouse
3. Klik Insert
a. Table Column to the Left = Menambah Kolom disebelah Kiri
b. Table Column to the Right = Menambah Kolom disebelah Kanan
c. Table Rows Above = Menambah Baris diAtas
Cara Menghapus Baris/Kolom :
1. Klik baris atau kolom yang diingin dihapus
2. Klik kanan pada Mouse
3. Klik Delete
MERGE & CENTER
Merge & Center digunakan untuk menggabungkan cell menjadi satu.
Ikon dari Merge & Center adalah seperti pada gambar dibawah
Langkah-langkah menggabungkan cell:
1. Blok cell yang akan digabungkan
2. Klik Menu Home
3. Klik Ikon Merge & Center
4. Secara otomatis cell akan tergabung menjadi satu
BORDER
Border disebut juga dengan Bingkai Tabel.
Langkah-langkah membingkai Tabel :
1. Blok cell yang akan di Bingkai
2. Klik menu Home
3. Klik Ikon Border, lalu pilih More Borders
4. Tentukan :
a. Style = Jenis Garis
b. Color = Warna Garis
c. Present = Pilihan Bagian mana yang akan di beri garis bingkai (Inside dan Outside)
5. Klik Ok
MENGURUTKAN DATA MENGGUNAKAN IKON SORT
IKON SORT adalah Ikon yang digunakan untuk mengurutkan data sesuai dengan kriteria tertentu
Letak Ikon Sort ada di menu Bar Home dibagian group Editing
Gambar Ikon Sort
Jika diklik tanda panah disamping ikon muncul tampilan seperti berikut
Sort A to Z = Mengurutkan dari abjad A sampai Z
Sort Z to A = Mengurutkan dari abjad Z sampai A
Langkah-langkah mengurutkan data
1. Blok data yang ingin kita urutkan
2. Klik Menu Bar Home
3. Klik Ikon Sort
4. Pilih Kriteria pengurutan yang diinginkan
a. A to Z
b. Z to A
MENGGUNAKAN OPERASI HITUNG ARITMATIKA
Rumus (formula) digunakan untuk membantu kita mempermudah dalam mengerjakan beragam proses perhitungan dan pengolahan data di Ms.Excel
+ (Plus) : Penjumlahan
- (Minus) : Pengurangan
*(Asterisk) : Perkalian
/ (Forward Slash) : Pembagian
^ (Caret) : Pemangkatan
RUMUS FUNGSI STATISTIK
Rumus Statistik Excel adalah sebuah fungsi yang berguna untuk mendapatkan gambaran statistik data seperti rata-rata, nilai tertinggi, nilai terendah, standar deviasi dll. Rumus Statistik Excel yang paling populer itu adalah Fungsi AVERAGE, MIN dan MAX.
Komentar
Posting Komentar