Ringkasan Materi Kelas 3

 (TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI)

Hari & Tanggal      : Kamis, 21 Maret 2024

Kelas                     : 3A, 3B & 3C (SD Al-Azhar Bandar Lampung)

Tema                     : Menggunakan Program Pengolah Kata

Mata Pelajaran      : TIK / Komputer

Pembelajaran        : Ringkasan Materi


ِبِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم
Bismillahirrahmanirrahim


Assalamualaikum wr. wb


Ikon-ikon yang ada dalam menu File

1. Save = Perintah yang digunakan untuk menyimpan dokumen.

2. Save As = Perintah yang digunakan untuk menyimpan kembali dokumen dengan nama berbeda.

3. Open = Perintah yang digunakan untuk membuka dokumen Ms.Word yang sudah disimpan sebelumnya.

4. Close = Perintah yang digunakan untuk menutup dokumen Ms.Word.

5. New = Perintah yang digunakan untuk membuat dokumen baru Ms.Word.

6. Print = Perintah yang digunakan untuk mencetak dokumen.


Menggunakan Ikon New dan Save

1.      New = Perintah yang digunakan untuk membuat dokumen baru Ms.Word.

Langkah-langkah

a.       Buka progam Microsoft Office Word

b.      Klik menu File

c.       Klik ikon New

d.      Pilih/klik Blank Document lalu klik Create lalu klik create 

 

2.      Save = Perintah yang digunakan untuk menyimpan dokumen.

Langkah-langkah

a.      Klik menu File

b.      Klik Ikon Save

c.      Pilih tempat/folder penyimpanan lalu tentukan nama file pada kotak Name File, lalu klik Save


Menggunakan Tombol Kombinasi CTRL

Tombol-tombol kombinasi CTRL bisa kita gunakan ketika kita sedang menjalankan program Microsoft Office Word, kita dapat menjalankan suatu perintah hanya dengan menggunakan kombinasi tombol CRTL pada keyboard tanpa kita mengklik ikon yang ada pada tampilan program.

1. CTRL + A = Perintah yang digunakan untuk memilih semua teks.

    Caranya tekan tombol CTRL dan huruf A pada keyboard secara bersamaan.

2. CTRL + B (Bold) = Perintah yang digunakan untuk menebalkan huruf yang fungsinya sama dengan ikon Bold pada Toolbar.

    Caranya tekan tombol CTRL dan huruf B pada keyboard secara bersamaan.

3. CTRL + C (Copy) = Perintah yang digunakan untuk menyalin atau mengcopy

    Caranya tekan tombol CTRL dan huruf C pada keyboard secara bersamaan.

4. CTRL + E (Center) = Perintah yang digunakan untuk membuat teks rata ke tengah

    Caranya tekan tombol CTRL dan huruf E pada keyboard secara bersamaan.

5. CTRL + U (Underline) = Perintah yang digunakan untuk membuat huruf menjadi bergaris bawah.

    Caranya tekan tombol CTRL dan huruf U pada keyboard secara bersamaan.

6. CRTL + S (Save) = Perintah yang digunakan untuk menyimpan dokumen.

    Caranya tekan tombol CRTL dan huruf S pada keyboard secara bersamaan dan otomatis dokumen akan tersimpan.

7. CTRL + Z (Undo) = Digunakan untuk membatalkan perintah yang sudah dilakukan sebelumnya.

    Caranya tekan tombol CTRL dan huruf Z pada keyboard secara bersamaan.

8. CTRL + O (Open) = Perintah yang digunakan untuk membuka dokumen Ms.Word yang sudah disimpan sebelumnya.

    Caranya tekan tombol CTRL dan huruf O pada keyboard secara bersamaan.

9. CTRL + P (Print) = Perintah yang digunakan untuk membuka dokumen Ms.Word yang sudah disimpan sebelumnya.

    Caranya tekan tombol CTRL dan huruf P pada keyboard secara bersamaan.

10. CTRL + I (Italic) = Perintah yang digunakan untuk mebuat huruf menjadi cetak miring.

     Caranya tekan tombol CTRL dan huruf I pada keyboard secara bersamaan.


Ikon Drop Cap

Drop cap adalah huruf pertama pada paragraf yang memiliki ukuran yang sangat besar dan lebih dari huruf lainnya

Ikon Drop Cap berfungsi untuk membuat huruf pertama pada awal paragraf menjadi huruf capital dan besar agar tulisan terlihat lebih menarik.

Gambar Ikon Drop Cap

Langkah-langkah membuat Drop Cap

1. Blok paragraf yang ingin huruf awal nya dibuat Drop Cap

Klik Menu Insert

2. Pada group Text: klik kiri pada ikon Drop Cap, lalu pilih jenisnya apakah berada di dalam (Dropped) atau di luar margins (In margin)

3. Untuk mengaturnya, Pilih Drop Cap Options. Sehingga muncul panel pengaturan.

4. Setelah selesai mengatur lalu klik OK


Position: digunakan untuk mengatur letak dari tulisan Drop Cap. 

    a. None = tidak menambahkan huruf Drop Cap atau mengembalikannya ke format awal.

    b. Dropped = Membuat Drop Cap rata dengan margin kiri.

    c. In Margin = Membuat Drop Cap rata dalam margin kiri.

Font: mengatur jenis huruf yang digunakan misal Times New Roman.

Lines to Drop: untuk mengatur berapa baris tinggi Drop Cap.

Distance from Text: untuk mengatur jarak Drop Cap dari teks.

Ikon Columns
Ikon Column berfungsi untuk membuat dokumen yang berbentuk kolom-kolom seperti koran 
Ikon Columns terletak pada menu bar Layout 

Gambar Ikon Columns


Contoh penggunaan Iko Columns



Langkah-langkah membuat Teks Koran
1. Block/seleksi text yang akan dibuat kolom 
2. Klik menu Bar Layout ➡Page Setup kemudian ➡ Columns
3. Klik tanda panah kebawah akan muncul beberapa pilihan : One (satu), dua, tiga kolom dst.                                       
4. Klik salah satu misalnya Two (dua kolom)

Klik More Columns untuk pengaturan lebih lengkapnya sehingga muncul jendela Columns seperti pada gambar dibawah ini


Presets = Menentukan bentuk kolom
Number of Columns = menentukan jumlah kolom
Width and Spacing = Mengatur lebar kolom dan jarak antar kolom
Equal Column width = Untuk lebar kolom yang sama
Line Between = Memberi garis batas antar kolom

Ikon WordArt
Ikon WordArt berfungsi untuk membuat teks bervariasi agar lebih menarik
Ikon WordArt terletak pada menu bar Insert

Gambar Ikon WordArt




Contoh penggunaan Ikon Word Art



Langkah-langkah membuat Teks WordArt
1. Letakkan kursor pada bagian yang ingin di buat WordArt
2. Klik Menu Insert
3. Klik Ikon WordArt
4. Pilih/Klik bentuk yang diinginkan
5. Maka akan muncul jenis WordArt yang dipilih dengan tulisan “Here Your Text”


Untuk mengatur Teks WordArt
Klik Menu Format/Shape Format
Pada bagian group WordArt Styles
Tentukan :
        a. Text Fill = Untuk warna dalam
        b. Text Outline = Untuk warna tepi
        c. Text Effects = Untuk memberi efek


Ikon Clip Art
Clip Art adalah Ikon yang digunakan untuk memasukkan gambar (yang tersedia pada program Ms. Word) pada dokumen Microsoft Office Word

Gambar Ikon Clip Art

Ikon Clip Art terletak pada menu bar Insert dalam grup ilustrations


Contoh gambar-gambar Clip Art pada Microsoft Word

Langkah-langkah menyisipkan gambar Clip Art
1. Letakkan Kursor dibagian yang akan disisipkan Clip Art
2. Klik Menu Insert
3. Klik Ikon Clip Art
4. Tentukan kata kunci pencarian, lalu klik GO

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ringkasan Materi Kelas 3 (SD Al Azhar 1 Bandar Lampung)

Materi kelas 3A & 3B Pertemuan ke 11