Ringkasan Materi TIK Kelas 3
(TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI)
Hari & Tanggal : Senin, 29 Mei 2023
Kelas : 3 (SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung)
Mata Pelajaran : TIK / Komputer
Assalamualaikum wr. wb
Bagaimana kabar anak sholeh & sholehah serta orang tua hebat ?
Alhamdulillah.. Semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin...
Ikon adalah gambar kecil yang mempunyai arti atau fungsi tertentu
Ikon-ikon yang ada dalam menu
File
1. Save = Perintah yang digunakan untuk menyimpan
dokumen.
2. Save As = Perintah yang digunakan untuk menyimpan kembali dokumen dengan nama berbeda.
3. Open = Perintah yang digunakan
untuk membuka dokumen Ms.Word yang sudah disimpan sebelumnya.
4. Close = Perintah yang digunakan
untuk menutup dokumen Ms.Word.
5. New = Perintah
yang digunakan untuk membuat dokumen baru Ms.Word.
6. 6. Print = Perintah yang digunakan
untuk mencetak dokumen.
Menggunakan Ikon New dan
Save
1. A. New = Perintah
yang digunakan untuk membuat dokumen baru Ms.Word.
Langkah-langkah
a. Buka program Microsoft Office Word
b. Klik
menu File
c. Klik
ikon New
d. Pilih/klik
Blank Document lalu klik Create lalu klik create
2. B. = Perintah yang digunakan untuk menyimpan dokumen.
Langkah-langkah
a. Klik
menu File
b. Klik
Ikon Save
c. Pilih
tempat/folder penyimpanan lalu tentukan nama file pada kotak Name File,
lalu klik Save
Menggunakan Tombol Kombinasi
CTRL
Tombol-tombol kombinasi CTRL
bisa kita gunakan ketika kita sedang menjalankan program Microsoft Office Word,
kita dapat menjalankan suatu perintah hanya dengan menggunakan kombinasi tombol
CRTL pada keyboard tanpa kita mengklik ikon yang ada pada tampilan program.
1. CTRL + A = Perintah yang digunakan untuk memilih
semua teks.
Caranya tekan tombol CTRL dan huruf A pada keyboard secara bersamaan.
2. CTRL + B (Bold) = Perintah yang digunakan
untuk menebalkan huruf yang fungsinya sama dengan ikon Bold pada Toolbar.
Caranya tekan tombol CTRL dan huruf B pada keyboard secara bersamaan.
3. CTRL + C (Copy) = Perintah yang digunakan
untuk menyalin atau mengcopy
Caranya tekan tombol CTRL dan huruf C pada keyboard secara bersamaan.
4. CTRL + E (Center) = Perintah yang digunakan
untuk membuat teks rata ke tengah
Caranya tekan tombol CTRL dan huruf E pada keyboard secara bersamaan.
5. CTRL + U (Underline) = Perintah yang digunakan
untuk membuat huruf menjadi bergaris bawah.
Caranya tekan tombol CTRL dan huruf U pada keyboard secara bersamaan.
6. CRTL + S (Save) = Perintah yang digunakan untuk
menyimpan dokumen.
Caranya tekan tombol CRTL dan huruf S pada keyboard secara bersamaan dan otomatis dokumen akan tersimpan.
7. CTRL + Z (Undo) = Digunakan untuk membatalkan
perintah yang sudah dilakukan sebelumnya.
Caranya tekan tombol CTRL dan huruf Z pada keyboard secara bersamaan.
8. CTRL + O (Open) = Perintah yang digunakan untuk
membuka dokumen Ms.Word yang sudah disimpan sebelumnya.
Caranya tekan tombol CTRL dan huruf O pada keyboard secara bersamaan.
9. CTRL + P (Print) = Perintah yang digunakan untuk
membuka dokumen Ms.Word yang sudah disimpan sebelumnya.
Caranya tekan tombol CTRL dan huruf P pada keyboard secara bersamaan.
10. CTRL + I (Italic) = Perintah yang digunakan
untuk mebuat huruf menjadi cetak miring.
Caranya tekan tombol CTRL dan
huruf I pada keyboard secara bersamaan.
Ikon Drop Cap
Drop cap adalah huruf pertama
pada paragraf yang memiliki ukuran yang sangat besar dan lebih dari huruf
lainnya
Ikon Drop Cap berfungsi untuk membuat huruf pertama pada awal paragraf menjadi huruf capital dan besar agar tulisan terlihat lebih menarik.
Langkah-langkah membuat Drop Cap
1. Blok paragraf yang ingin huruf awal nya dibuat Drop Cap
Klik Menu Insert
2. Pada group Text: klik kiri pada ikon Drop Cap, lalu pilih jenisnya apakah
berada di dalam (Dropped) atau di luar margins (In margin)
3. Untuk mengaturnya, Pilih Drop Cap Options. Sehingga muncul panel pengaturan.
4. Setelah selesai mengatur lalu klik OK
Position: digunakan untuk mengatur letak dari
tulisan Drop Cap.
a. None = tidak menambahkan huruf Drop Cap atau
mengembalikannya ke format awal.
b. Dropped = Membuat Drop Cap rata dengan margin kiri.
c. In Margin = Membuat Drop Cap rata dalam margin kiri.
Font: mengatur jenis huruf yang digunakan misal
Times New Roman.
Lines to Drop: untuk mengatur berapa baris tinggi
Drop Cap.
Distance from Text: untuk mengatur jarak Drop Cap
dari teks.
Ikon Columns
Ikon Column berfungsi untuk membuat dokumen yang berbentuk kolom-kolom seperti koran
Ikon Columns terletak pada menu bar Layout
Langkah-langkah membuat Teks Koran
1. Block/seleksi text yang akan dibuat kolom
2. Klik menu Bar Layout ➡Page Setup kemudian ➡
Columns
3. Klik tanda panah kebawah akan muncul beberapa
pilihan : One (satu), dua, tiga kolom dst.
4. Klik salah satu misalnya Two (dua kolom)
Klik More Columns untuk pengaturan lebih lengkapnya sehingga muncul jendela Columns
Presets = Menentukan bentuk kolom
Number of Columns = menentukan jumlah kolom
Width and Spacing = Mengatur lebar kolom dan jarak
antar kolom
Equal Column width = Untuk lebar kolom yang sama
Line Between = Memberi garis batas antar kolom
Ikon WordArt
Ikon WordArt berfungsi untuk membuat teks
bervariasi agar lebih menarik
Ikon WordArt terletak pada menu bar Insert
Langkah-langkah membuat Teks WordArt
1. Letakkan kursor pada bagian yang ingin di buat
WordArt
2. Klik Menu Insert
3. Klik Ikon WordArt
4. Pilih/Klik bentuk yang diinginkan
5. Maka akan muncul jenis WordArt yang dipilih dengan tulisan “Here Your Text”
Ikon Clip Art
Clip Art adalah Ikon yang digunakan untuk memasukkan gambar (yang tersedia pada program Ms. Word) pada dokumen Microsoft Office Word
Ikon Clip Art terletak pada menu bar Insert dalam grup ilustrations
Ikon Picture
Picture adalah Ikon yang digunakan untuk memasukkan gambar (yang tersedia di penyimpanan komputer) pada dokumen Microsoft Office Word
Ikon Clip Art terletak pada menu bar Insert dalam grup ilustrations
Ikon Shapes
Shapes adalah Ikon yang digunakan untuk memasukkan gambar dengan bentuk tertentu seperti garis, lingkaran, persegi, oval, bintang, dll.
Ikon Shapes terletak pada menu bar Insert dalam grup ilustrations
Page Border
Ikon Page Borders digunakan untuk memberi garis tepi atau bingkai pada dokumen, agar tampilan dokumen jadi menarik dan indah.
Ikon Page Borders teletak dalam menu Page Layout pada grup Page Background
Page Color
Ikon Page Color digunakan untuk memberi warna pada dokumen, agar tampilan dokumen terlihat lebih menarik.
Ikon Page Color teletak dalam menu Page Layout pada grup Page Background
SHADING
Shading digunakan untuk memberi warna background pada teks.
Cara mengatur Shading
1. Klik Menu Page Layout
2. Klik Ikon Page Borders pada grup Page Background
3. Klik Tab Shading
4. Tentukan warna latar belakang teks yang
diinginkan
5. Klik OK
Ikon Table
Ikon Table adalah ikon yang digunakan untuk membuat
ringkasan informasi yang tersusun rapih dalam bentuk baris dan kolom
Ikon Table tereletak pada Menu Bar Insert
Number of Columns : Jumlah Kolom
Number of Rows : Jumlah Baris
Ikon Chart
Ikon Chart berfungsi untuk membuat grafik.
Ikon Chart terletak pada menu bar Insert
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Komentar
Posting Komentar