Kisi-kisi PH 1 Kelas 5C & 5D (SD Al Azhar 1)

 TIK

Hari & Tanggal            : Rabu, 1 Februari 2023

Kelas                           : 5C & 5D  (SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung)

Tema                           : Menggunakan Program Pengolah Angka

Sub Tema                    Pengenalan Program Pengolah Angka

Mata Pelajaran            : TIK / Komputer

Pembelajaran              : Penilaian Harian 1

Assalamualaikum wr. wb

Bagaimana kabar siswa siswi hebat, yang sholeh & sholehah serta orang tua hebat ?

Alhamdulillah.. Semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin...

Ringkasan Materi TIK 

Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka yang dapat mengelolah data secara otomatis melalui operasi perhitungan dasar (seperti tanda tambah (+), kurang(-), bagi (:), kali(x)) menggunakan rumus-rumus dan fungsi yang hasilnya dapat ditampilkan dalam bentuk angka, tabel, ataupun grafik.

Lalu Microsoft Excel digunakan untuk apa aja sih ??

Contoh penggunaan Microsoft Office Excel di kehidupan sehari-hari

1. Microsoft Excel ini sering digunakan di perkantoran seperti membuat grafik, data, dan tabel.

2. Microsoft Excel dapat juga digunakan untuk membuat tabel serta garis agar membuat data semakin terlihat rapih.

3. Microsoft Excel juga dapat digunakan juga untuk membuat rumus dan menghitung rumus agar memudahkan kita dalam menghitung beberapa data.

4. Microsoft Excel juga dapat membuat diagram atau grafik loh, agar data menjadi rapih, akurat, dan data dapat disusun dengan urutan yang tepat.

Nah sekarang anak-anak sudah paham kan apa pengertian Microsoft Office Excel dan kegunaannya....

Gambar ikon Microsoft Office Excel



Langkah-langkah membuka program Microsoft Office Excel

Langkah 1

1. Klik kiri 2 kali  pada ikon Ms. Excel

Langkah 2

1. Klik kanan ikon Ms. Excel lalu klik Open

Langkah 3

1. Klik Start

2. All Program

3. Microsoft Office

4. Microsoft Office Excel

Lembar kerja pada Ms. Excel seperti tabel yang berbentuk kotak-kotak, berbeda dengan tampilan Ms. Word yang lembar kerja nya seperti kertas HVS kosong.
Nah, tampilan kerja yang berbentuk kotak-kotak inilah yang bisa mempermudah kita dalam mengerjakan tugas seperti membuat tabel dll.

Lembar kerja pada Ms. Excel disebut dengan Worksheet.
Pada tampilan utama program Ms.Excel menyediakan 3 lembar worksheet yang ditandai dengan Sheet1, Sheet2, dan Sheet3. Nah kumpulan dari Worksheet/lembar kerja pada Ms. Excel disebut dengan WorkBook. Jadi bisa disimpulkan :
Worksheet adalah lembar kerja pada program Ms.Excel.
Workbook adalah kumpulan dari beberapa Worksheet.

Bagian-bagian dari Tampilan Ms. Excel

Tittle Bar = Baris judul atau bagian yang menampilkan nama file yang sedang aktif
Menu Bar = Berisi pilihan menu yang digunakan untuk menjalankan perintah
Quick Access Toolbar = Berisi tombol akses cepat seperti save, undo dll.
Ribbon = Berisi ikon-ikon yang digunakan untuk menjalankan perintah
Baris Rumus/Formula Bar = Bagian yang menampilkan isi sel aktif.
Name box/Kotak nama = Menampilkan nama sel yang sedang aktif.
Cell = Pertemuan/perpotongan antara baris dan kolom.
Worksheet = Lembar kerja
Tab Sheet = Tab lembar kerja
Kontrol Jendela = Berisi pengatur tampilan jendela

Baiklah cukup sekian pembelajaran hari ini, semoga ilmu yang didapat hari ini dapat dipahami dengan baik ya. Jangan lupa ibadah sholat 5 waktu dan sholat tepat waktu.


Wassalamualaikum wr.wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ringkasan Materi Kelas 3 (SD Al Azhar 1 Bandar Lampung)

Ringkasan Materi Kelas 3

Materi kelas 3A & 3B Pertemuan ke 11